Berfikir VS Berpikir

Wordpress

Apakah itu? Yaitu tentang perbedaan penulisan kata ” Berpikir “ dan “berfikir”. Sering saya jumpai di berbagai tulisan teman-teman seperkelasku di sini, bahkan admin sekalipun juga pernah melakukanya. ” Berpikir ” banyak yang menuliskanya ” Berfikir “. Ya hanya satu hurup saja yaitu ” P” untuk penulisan yang benar dan ” F ” untuk penulisan yang menurut tata bahasa adalah salah.

Kata ” Berfikir ” terpengaruh oleh bahasa melayu, yang mana penulisan tersebut digunakan oleh Malaysia. Sedangkan oleh tata bahasa Indonesia telah disempurnakan dengan ” Berpikir “. Inilah ciri penulisan yang membedakan antara Bahasa Indonesia dan Malaysia. Walau sebagian dari kita masih keturunan Bangsa Melayu.
Mungkin lidah teman-temanku sudah terasuki dengan lidah bahasa jawa dan menganggapnya kata-kata yang seharusnya “berpikir” menjadi “berfikir” itu dijadikannya tidak penting. So pasti hal-hal itu menurutku teman-temanku mungkin tidak dianggap terlalu penting atau serius, dan  juga karena katanya tidak terpengaruh dalm kosa kata untuk berbicara dengan Bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s